Ketum PSSI Tinjau Pelaksanaan Asisten Wasit Tambahan di Bali

By Abdi Satria


nusakini.com-Gianyar-Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meninjau pelaksanaan asisten wasit tambahan (additional assistant referee/AAR) saat laga lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 antara Persela Lamongan dan Persikabo 1973 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Rabu (9/3).

Wasit tambahan ini adalah janji PSSI agar kompetisi berjalan menarik dan lebih adil.

“Sudah ada penyegaran asisten wasit tambahan di Bali beberapa hari lalu yang diikuti 65 wasit,” kata Iriawan.

Iriawan mengatakan para asisten wasit tambahan ini juga sudah melakukan praktik lapangan dengan memimpin laga uji coba Bali United Junior selama 4 kali.

Dalam praktiknya di lapangan , asisten wasit tambahan ini dibekali alat getar yang ditempelkan di lengan atau tangan wasit utama dan asisten wasit tambahan.

“ Nah tugas asisten wasit tambahan ini memonitor apakah terjadi gol atau tidak gol. Setelah itu baru dikoordinasikan dengan wasit utama,” imbuh Iriawan.

AAR ini pernah dipakai di beberapa kompetisi di Asia dan Eropa. Namun, di kompetisi Eropa kini sudah beralih ke VAR (Video Assistant Referee).

“Ke depan Liga 1 juga akan memakai VAR. Biayanya memang mahal dan harus ada pelatihan. Sebelum ada VAR kita pakai yang AAR ini dulu,” tutup Iriawan. (rls)